Sabtu, 07 April 2012

Pekerjaan Di Bidang Psikologi yang Menggunakan Komputer Sebagai Media/Alat Utama

Salah satu pekerjaan di bidang psikologi yang menggunakan komputer sebagai media atau alat utama adalah recruitment and selection. Pada salah satu perusahaan di daerah Jakarta Barat, bagian recruitment and selection menggunakan komputer sebagai media atau alat utama untuk menganalisa hasil psikotes yang digunakan calon karyawan untuk melakukan psikotes sebelum masuk menjadi karyawan dalam perusahaan tersebut.
Calon karyawan mengerjakan seluruh tes-tes dengan menggunakan alat bantu komputer. Didalam komputer tersebut sudah diprogram untuk jenis-jenis alat tes yang biasa digunakan pada perusahaan tersebut, calon karyawan mengerjakan tes-tes berdasarkan posisi yang dilamar dan berdasarkan pendidikan terakhir mereka.
Calon karyawan dapat membaca petunjuk atau instruksi sebelum memulai semua tes yang akan dikerjakan melalui alat bantu komputer. Apabila terjadi kesalahan dalam pengerjaan tes tersebut, dalam komputer itu akan menunjukan warning atau peringatan tentang kesalahan yang sudah dikerjakan, dan apabila tetap dikerjakan berarti calon karyawan tersebut tidak dapat lanjut mengerjakan kenomor atau ke tes selanjutnya.
Apabila calon peserta tes tidak memenuhi syarat atau kriteria yang diharapkan dari perusahaan tersebut, hasil psikotes dari salah satu tes intelegensi akan langsung muncul hasilnya. Misalnya hasil dari tes intelegensi calon karyawan atau peserta psikotes skor IQ nya bernilai 85 kebawah, ketika calon karyawan selesai mengerjakan tes intelegensi tersebut akan muncul warning seperti lampu yang berkedip dan calon karyawan tersebut tidak dapat lanjut ke tes selanjutnya apabila memang hasil IQ nya tidak seperti apa yang diharapkan.
Bagian recruitment and selection tinggal menganilisa hasil dari psikotes setiap calon karyawan yang sudah melakukan psikotes apakah layak atau tidak, apakah hasil psikotesnya memenuhi syarat-syarat atau tidak. Semua dapat dilihat dalam komputer tersebut berdasarkan nama-nama calon karyawan.
Hasil psikotes setiap calon karyawan akan muncul dan dapat dianalisa setelah calon karyawan melakukan psikotes. Hasilnya dapat dilihat melalui komputer berupa tulisan, angka, dan grafik. Dalam komputer tersebut data-data calon karyawan yang melakukan psikotes sudah lengkap. Calon karyawan akan mendapatkan panggilan untuk melakukan interview setelah bagian recruitment and selection selesai menganalisa hasil psikotes dari calon karyawan tersebut dan dapat dilihat calon karyawan tersebut berarti memenuhi syarat dan kualifikasi yang dibutuhkan dari perusahaan tersebut. Semua hasil psikotes yang sudah dikerjakan oleh calon karyawan atau peserta psikotes tersebut diolah oleh program komputer yang hasilnya langsung bisa dilihat dan dianalisa oleh bagian recruitment and selection.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar