Rabu, 24 Februari 2010

PENYEMBUHAN

TREATMENT

Studi yang begitu lama membuktikan bahwa kombinasi antara obat-obatan dan psikoterapi
(behavioral therapy) dan manajemen medikasi yang tepat, terapi yang intensif dan komunitas
treatment yang rutin telah menolong anak-anak dengan gangguan ADHD menjadi lebih baik.
Menurunnya intensitas kecemasan, membaiknya penampilan di sekolah, meningkatnya
Kualitas hubungan antara orangtua-anak, meningkatkan kemampuan sosial merupakan
keuntungan pemberian treatment secara dini, tentunya dengan medikasi yang rendah dosis.

Kadang beberapa anak menunjukkan efek buruk dari medikasi, oleh karenanya perlunya
pengawasan ketat dalam pemberian obat-obatan, apalgi bila anak tersebut disertai
dengan gangguan kecemasan dan depresi. Haruslah berhati-hati dalam memberi
obat-obatan medis

a) Medikasi
Jenis obat simultan berguna menurunkan gejala hiperaktif dan kompulsif, beberapa
anak juga dilaporkan meningkatnya konsentrasi, pekerjaan dan belajar. Selain itu obat
jenis simultan juga meningkatkan koordinasi tubuh sehingga anak tidak menemui
kesulitan dalam melakukan pekerjaan tangan atau berolahraga.

Jenis simultan dianggap paling baik, dalam dosis yang rendah tidak akan membuat
anak seperti “fly”. Selama pemberian obat dalam dosis rendah dan terkontrol jenis
simultan ini dianggap tidak menimbulkan adiktif. Dalam treatmen juga diusahakan
manajemen pemberian obat-obatan, misalnya seminggu sekali atau pada waktu siang hari.

Jika dalam seminggu tidak memberi pengaruh meningkatkan performance, dokter akan
meningkatkan dosis, jika tidak juga memberi pengaruh maka dokter akan mengganti
dengan obat jenis lainnya.




Obat yang digunakan untuk gangguan ADHD pada anak-anak

Nama Obat Nama Generik Peruntuk

Adderall
Adderall XR amphetamine 3 > Tahun
Concerta methylphenidate 6 > tahun
Cylert pemoline 6 > tahun
Daytrana methylphenidate 6 > tahun
Dexedrine
Dextrostat dextroamphetamine 3 > Tahun
Focalin dexmethylphenidate 6 > tahun
Metadate ER
Metadate CD methylphenidate 6 > tahun
Ritalin methylphenidate 6 > tahun
Strattera atomextine 6 > tahun
Vyvanse lisdexamfetamine 6 > tahun






b) Psikoterapi

Behavior therapy
Terapi ini berguna untuk meningkatkan kemampuan pada anak, pada terapi ini
orangtua terlibat langsung dalam terapi, misalnya memberikan penghargaan terhadap
perilaku yang positif yang ditujukkan oleh anak. Ketika anak mulai kehilangan
kontrol, orangtua mengambil time out, dan menyuruh anak untuk diam di kursinya
sampai ia menjadi tenang. Tujuan dalam terapi ini juga mengajarkan anak untuk
mengenal muatan-muatan emosinya. Terapi juga mengajarkan orang tua teknik-teknik
bersenang-senang dengan anak ADHD tanpa harus merasa tertekan.

Social skills training
Dalam pelatihan ini anak belajar cara-cara menghargai dan menempatkan dirinya
bersama dengan kelompok bermainnya. Pelatihan ini juga anak diajarkan kecakapan
bahasa nonverbal melalui insyarat wajah, ekspresi roman, intonasi suara sehingga
anak cepat tanggap dalam pelbagai situasi sosial. Disamping itu anak juga diajarkan
untuk belajar mengendalikan impuls misalnya dilatih untuk menunggu giliran
bermain, berbagi mainan dengan temannya, Pelatihan ini juga diharapkan anak dapat
mengontrol perilaku amarah yang tidak terkendali.

Family support groups
Merupakan kelompok orangtua yang memiliki anggota keluarga dengan gangguan
ADHD untuk berbagi pengalaman. Kelompok ini juga saling menyediakan informasi
bagi sesama anggotanya, mengundang pembicara profesional untuk berbagi
pengetahuan dalam menghadapi dan membesarkan.


Sumber : google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar